Header Ads

Habis Makanan Langsung Kepingin Buang Air Besar,,.Yuukk Baca Info Berikut Ini

Banyak orang yang langsung merasakan keinginan untuk buang air besar setelah makan, khususnya sarapan pagi. Yang menarik adalah, ada beberapa orang yang bahkan harus makan terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa merasakan keinginan untuk buang air besar. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa normalnya, makanan akan dicerna pada perut selama 3 hingga 5 jam sebelum akhirnya dikeluarkan. Namun, apa penyebab dari munculnya keinginan buang air besar setelah makan?




Pakar kesehatan menyebutkan jika keinginan buang air besar setelah makan adalah hal yang wajar terjadi. Saat perut terisi dengan makanan, maka perut pun akan segera bereaksi dan berusaha untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang sudah tidak lagi bisa diserap. Hanya saja, bagi sebagian orang, keinginan buang air besar bisa muncul dengan frekuensi terlalu sering. Jika hal ini terjadi, maka ada kemungkinan penyebabnya adalah kondisi seperti sebagai berikut.

Reaksi pada beberapa kandungan makanan tertentu
Beberapa kandungan makanan tertentu ternyata bisa merangsang kita untuk segera buang air besar. Sebagai contoh, kafein yang ada pada kopi atau teh bisa membuat sebagian orang mengalami reaksi pada perutnya. Selain itu, konsumsi makanan pedas, minuman beralkohol, hingga kebiasaan merokok setelah makan juga bisa menyebabkan keinginan untuk buang air besar setelah makan.

Intoleransi pada makanan tertentu
Sebagian orang ternyata bisa mengalami intoleransi pada beberapa jenis makanan. Saat mengkonsumsinya, makanan tidak akan dicerna dengan sempurna dan justru memicu keinginan buang air besar hingga diare. Sebagai contoh, ada orang yang kesulitan dalam mencerna kandungan fruktosa dan akhirnya memicu rasa mual, kram perut, atau bahkan diare.

Masalah gastroenteritis
Masalah kesehatan ini adalah penyebab paling umum dari diare akut dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.




Sumber : doktersehat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.