Header Ads

Waw! Ladies ini lho 8 manfaat ikan yang wajib kamu tau untuk kesehatan&kecantikanmu..

Salah satu makanan yang memiliki rasa yang enak dan disukai oleh banyak orang adalah ikan. Sebagaimana sejenis seafood lainnya, ikan termasuk dalam makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3, namun rendah dengan lemak jenuh. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan seperti vitamin dan mineral yang tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Tak hanya kaya akan kandungan nutrisi yang menyehatkan, ikan juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Hanya saja, pakar kesehatan lebih merekomendasikan ikan yang dikukus, direbus, atau dipanggang yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Jika kita mengkonsumsinya secara rutin, maka kita pun akan bisa memenuhi asupan gizi harian sesuai dengan Gerakan Nasional Sadar Gizi yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Berikut adalah berbagai manfaat sehat yang akan kita dapatkan dengan mengkonsumsi ikan.
 
Organ kardiovaskular semakin sehat
Kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan sangatlah baik bagi organ kardiovaskular seperti jantung, pembuluh darah arteri, dan pembuluh darah vena. Dengan rutin mengkonsumsi ikan, kita juga akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan gagal jantung. Nutrisi dalam ikan mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah. Pakar kesehatan dari Harvard School of Public Health sendiri merekomendasikan konsumsi 2 porsi ikan dalam seminggu jika ingin menurunkan resiko terkena penyakit jantung tiga kali lebih rendah.

Menurunkan berat badan
Penelitian yang dilakukan di University of Georgia menghasilkan fakta dimana konsumsi minyak ikan yang kaya akan kandungan DHA mampu menurunkan kadar lemak pada tubuh secara keseluruhan. Jika kita mengkonsumsinya secara rutin dan dikombinasikan dengan berolahraga secara teratur, maka berat badan pun akan lebih cepat menurun.
Baca Juga:  Apakah Sehat Andai Kita Makan Ikan Setiap Hari?

Menurunkan resiko kanker
Asam lemak omega 3 ternyata mampu mencegah datangnya kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat. Selain itu, konsumsi suplemen minyak ikan juga mampu membantu penderita hyperlipidemia.

Membuat fungsi otak meningkat
Manfaat lain dari asam lemak omega 3 adalah mendukung fungsi dan perkembangan otak, khususnya bagi bayi dan anak-anak. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik tentang kemampuan suplemen minyak ikan dalam meningkatkan daya memori orang dewasa dengan signifikan.

Melawan peradangan pada tubuh
Nutrisi di dalam ikan atau minyak ikan ternyata memiliki sifat anti peradangan. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, hal ini tentu akan menurunkan masalah radang sendi, radang prostat, dan radang kandung kemih.

Membantu kesehatan mata
Mengkonsumsi ikan secara teratur bisa menurunkan resiko terkena degenerasi macula, glaucoma, dan sindrom mata kering. Dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa mengkonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu akan menurunkan resiko terkena degenerasi macula lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Lipid Research baru-baru ini menunjukkan fakta bahwa kandungan asam lemak omega-3 EPA mampu mencegah datangnya keriput dan proses penuaan dini. Minyak ikan juga mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Mengatasi depresi
Kandungan asam lemak omega 3 mampu menurunkan depresi dan kecemasan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi ikan cenderung tidak mudah terkena depresi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi ikan.


Sumber Dokter sehat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.