Header Ads

Perabotan Berkarat? Coba Pake Ini, Cara Paling Efektif Menghilangkan Karat Pada Perabotan Dapur Rumah Anda !!

Karat merupakan musuh utama perabotan yang berbahan logam. Baik wajan, panci, maupun benda logam lainnya di dapur rawan terkikis karat. Selain membat penampilan rusak, karat juga menghambat fungsi perabotan. Belum lagi ancaman racun dari karat. Nah, kali ini kami juga akan berbagai info tentang bagaimana cara menghilangkan karat pada perabotan dapur.




Sebenarnya menghilangkan karat pada perabotan dapur tidaklah sulit. Tepai butuh ketekunan dan kesabaran agar perabotan Anda tercegah dari karat, dan yang karatan segera bisa berkilau kembali. Untuk melakukan cara menghilangkan karat berikut ini, Anda butuh bahan-bahan seperti cairan pembersih merek Cif Cream, garam, bubuk soda kue, perasan air jeruk lemon. Sediakan juga sikat gigi, bekas saja, dan lap bersih.

Cara Menghilangkan Karat Pada Perabotan Dapur

Perabotan dapur yang dilapisi chrome (kromium) sekalipun bisa terkena karat. Panci dan wajan penggorengan juga bisa kena karat jika disimpan sebelum kering benar. Termasuk juga setrika uap, jika disimpan sebelum kering benar akan mudah terkena karat.

Untuk menghilangkan karat pada perabotan dapur selain panci dan wajan penggorengan berikut langkahnya:

Sediakan setengah sendok teh garam, bubuk soda kue dan satu sendok makan air perasan jeruk lemon. Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata.

Cara pemakaiannya, oleskan campuran anti karat tadi pada bagian perabit yang berkarat lalu tunggu sekitar 15-20 menit. Setelah itu usaplah dengan kain kering hingga karat terangkat bersih. Jika perlu ulangi beberapa kali hingga perabotan kembali bersih. Selain karatnya hilang, perabotan Anda jadi harum lemon segar.

Tetapi jika Anda tidak tersedia lemon, maka sebagai gantinya untun mencampur garam dan soda kue bisa menggunakan air bersih.

Sedangkan cara untuk menghilangkan karat pada wajan dan panci langkahnya agak beda. Pertama tuangkan air hangat ke dalam panci atau wajan yang berkarat bagian dalamnya. Taburkan bubuk soda kue. Maka air akan bereaksi dengan mengeluarkan buih. Biarkan larutan itu di dalam panci atau wajan beberapa saat. Setelah itu gosoklah perlahan dengan spon agar karatnya hilang.

Untuk mencegah panci dan wajan berkarat lagi, maka setelah dibersihkan atau dicuci, keringkan panci dan wajan hingga benar-benar kering. Setelah itu, sebelum disimpan olesilah dengan sedikit minyak goreng di bagian dalamnya.

Untuk cara menghilangkan karat pada perbotan yang berlapis chrome juga beda. Bersihkan karat di kran dan wastafel dengan cairan pembersih seperi Cif Cream. Caranya pun mudah. Teteskan cairan Cif pada daerah yang berkarat lalu lap menggunakan kain atau spon.

Seteleh berhasil menghilangkan karat pada perabot dapur seperti diatas, Anda bisa mencegah karat muncul kembali dengan cara rutin mengelap dan membersihkannya.

Demikianlah cara mengilangkan karat pada perabotan dapur Anda. Semoga bermanfaat dan selamat bersih-bersih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.